RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar
Mata
Pelajaran : Matematika
Materi :
Satuan Waktu
Kelas/Semester : III/I
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan
pengukuran waktu, panjang,
dan berat dalam pemecahan masalah.
I.
KOMPETENSI
DASAR
2.3 Mengenal hubungan antarsatuan
waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.
II.
INDIKATOR
a. Kognitif
1.
Menyebutkan pengertian satuan waktu.
2.
Menjelaskan
hubungan antar satuan waktu
3.
Menjelaskan satuan waktu detik
4.
Menjelaskan satuan waktu menit
5.
Menjelaskan satuan waktu jam
6.
Menjelaskan satuan waktu hari
7.
Menjelaskan satuan waktu minggu
8.
Menjelaskan satuan waktu bulan
9.
Menjelaskan satuan waktu tahun
10.
Mengubah ukuran satuan waktu
11.
Menentukan hubungan antar satuan waktu.
12. Mengoperasikan soal cerita sederhana
dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi
hitung berkaitan dengan satuan waktu.
13.
Memecahkan masalah dalam bentuk soal
cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan
satuan waktu.
b.
Afektif
membangun karakter
1. Mengubah
ukuran satuan waktu dengan teliti. (Mengelola/Menubah Perilaku)
2. Mematuhi
aturan dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan
satuan waktu. (Menerima)
3. Mengembangkan
sikap senang belajar matematika. (Akhlak mulia/Menghayati)
4. Mematuhi
petunjuk saat berdiskusi menyelesaikan LDS. (Menerima)
5. Menghormati
sesama dan menghargai pendapat orang lain. (Menanggapi)
c.
Psikomotor
1. Mengoperasikan
soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan
waktu (Pengalamiahan)
2. Menggunakan
hubungan antar satuan waktu yang sesuai (Artikulasi)
3. Menyesuaikan
langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari
yang berkaitan dengan satuan waktu (Menirukan)
III.
MATERI
PELAJARAN
Satuan Waktu (Terlampir)
IV.
PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan :
Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode :
Penugasan, Demonstrasi, Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi
V.
SKENARIO
PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa. (Untuk
mengawali pembelajaran)
b.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa.
c.
Melakukan apersepsi dengan menyanyikan
lagu bangun tidur.
d.
Tanya jawab tentang lagu yang sudah
dinyanyikan, kemudian : Guru menggali pengetahuan awal siswa dengan bertanya
tentang waktu yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
e.
Menginformasikan materi yang akan di
belajarkan yaitu “Mengenal hubungan antar satuan waktu.”
f.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan
Inti
a. Guru menampilkan power point berupa
gambar jam. Tanya jawab mengenai bagian-bagian pada jam.
b. Guru
menampilkan media berupa
jam.
c. Tanya jawab tentang jam yang telah diamati.
d. Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk
memutar jarum pada jam dan menemukan bahwa jika jarum merah (detik) diputar 1
putaran penuh maka jarum panjang (menit)
akan bergeser 1, artinya 1 menit = 60 detik dan seterusnya.
e. Tanya jawab mengenai pembahasan
satuan waktu pada jam.
f. Guru menampilkan power point berupa
gambar kalender yang berbentuk pohon.
g. Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk
menghitung jumlah daun pada pohon.
Guru memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan penguatan
terhadap jawaban siswa yang betul.
h. Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
i. Guru
memberikan LDS dan menjelaskan petunjuk pengisian LDS pada setiap kelompok.
j. Setiap
kelompok melakukan perhitungan waktu sesuai dengan LDS yang telah diberikan.
k. Guru memanggil wakil dari setiap kelompok untuk
melaporkan hasil kerja kelompoknya.
l.
Guru
memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi.
m. Guru memberikan penguatan kepada masing-masing
kelompok yang presentasi.
n. Guru memantapkan materi pelajaran
melalui media poster.
o. Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang
belum memahami materi.
p. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok/individu yang
aktif dalam pembelajaran.
3.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi
pembelajaran.
b. Guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan
evaluasi
d. Guru memberikan pesan moral kepada siswa
e. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR kepada siswa.
f. Mengajak semua siswa berdoa.
(untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
VI.
SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Sumber
:
a.
Depdikanas.
2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Jakarta: Depdiknas.
b.
Masitoch,
Nurul. dkk. 2009. Buku
Sekolah Eloktronik Gemar Belajar Matematika SD/MI kelas III. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Suharyanto. Jacob. 2009. Buku
Sekolah Eloktronik pelajaran Matematika SD/MI kelas IV. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Media :
a.
Power Point
b.
Jam
c.
Media Poster
VII.
PENILAIAN
a.
Prosedur : Proses dan Hasil
b.
Teknik : Observasi dan Tes
c.
Bentuk : Tertulis.
VIII.
LAMPIRAN
1.
Lembar Diskusi Kelompok (LDS)
2.
Kunci Jawaban LDS
3.
Soal Evaluasi
4.
Kunci Jawaban Evaluasi
5.
Lembar Pengamatan Afektif Membangun
Karakter
6.
Lembar Pengamatan Psikomotorik
7.
Materi Pelajaran
Bengkulu, Maret
2016
Praktikan,
Dewi Purnamasari
NPM : A2M151003
|
Lampiran 1
Lembar Diskusi Siswa
(LDS)
Anggota
:
1...............................................
2...............................................
3...............................................
4................................................
5...............................................
Kompetensi
Dasar : 2.3 Mengenal
hubungan antarsatuan waktu.
Tujuan :
- Siswa dapat mengubah ukuran satuan waktu
- Siswa dapat memecahkan masalah dalam bentuk soal
cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan
dengan satuan waktu
Petunjuk :
a.
Kerjakan LDS
dengan kelompokmu
b.
Jawablah soal
cerita dengan sistematis
c.
Baca dan
pahami isi LDS
d.
Kerjakan
dengan mengikuti petunjuk
Permasalahan :
1.
180 menit = . . . . menit
= . . . .menit
2.
3 minggu = . . . . hari
= . . . . hari
3.
Waktu istirahat sekolah dimulai pukul 9 sampai pukul
9 lebih seperempat. Berapa detik lamanya waktu istirahat?
................................................................................................................................................
4.
Kak Asep berlibur ke rumah Nenek Dyan selama 2
minggu. Kemudian ia melanjutkan ke rumah Paman Widy selama 3 hari. Berapa hari
Kak Asep berlibur?
................................................................................................................................................
5.
Seorang
peternak membeli anak ayam berumur 3 hari. Pada hari ke 87 anak ayam itu mulai
bertelur. Anak ayam itu mulai bertelur umur berapa bulan?
................................................................................................................................................
Lampiran
2
Kunci Jawaban LDS
1.
180 menit + 3.600 detik = 180 menit + 60 menit = 240
menit
2.
3 minggu + 4
bulan = 21 hari + 120 hari = 141 hari
3.
Diketahui : Waktu istirahat sekolah
dimulai pukul 9 sampai pukul 9 lebih seperempat.
Ditanya : Berapa detik lamanya waktu
istirahat?
Jawab : 09.15 – 09.00 = 15 menit = 15 x 60 = 900 detik.
Jadi, lamanya waktu istirahat 900 detik.
4.
Diketahui : Kak Asep berlibur ke rumah Nenek Dyan selama
2 minggu. Kemudian ia
melanjutkan ke rumah Paman
Widy selama 3 hari.
Ditanya :Berapa hari Kak Asep berlibur?
Jawab:
2 minggu + 3 hari
= 14 hari + 3 hari
= 17 hari
Jadi, Kak Asep berlibur
selama 17 hari.
5.
Diketahui : Seorang peternak membeli anak ayam berumur 3 hari.
Pada hari ke 87 anak ayam itu mulai bertelur.
Ditanya : Anak ayam itu mulai bertelur umur berapa
bulan?
Jawab : 1 bulan = 30 hari
Maka: 87
: 30 = 2,9 bulan
Jadi, Anak ayam itu mulai bertelur umur 2,9 bulan
atau 3 bulan.
Lampiran 3
Soal Evaluasi
1.
2 jam + 120
detik = . . . . menit
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
2.
Pak tani menanam padi dan padi itu siap dipanen jika
sudah berumur 84 hari. Pada umur berapa minggu padi Pak tani siap dipanen?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
Lampiran 4
Kunci Jawaban
Soal Evaluasi
NO
|
Kognitif Proses
|
Kognitif Produk
|
Psikomotor
|
Afektif Karakter
|
Skor
|
1
|
Menentukan hubungan antar satuan waktu
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
Skor : 15
|
2 jam = 2 × 60 = 120 menit
120 detik
= 120 : 60 = 2 menit
2 jam + 120 detik =
122 menit
Jadi, 2 jam + 120 detik = 122
menit
Skor : 60
|
Kemampuan menggunakan hubungan antar satuan waktu
yang sesuai
Skor : 10
|
Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti
Skor : 15
|
100
(bobot 3)
|
2
|
Mengoperasikan
soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu
1
minggu = 7 hari
Skor : 10
|
Diketahui: Pak tani menanam padi dan siap dipanen jika sudah berumur 84
hari.
Ditanya: Pada umur berapa minggu padi Pak tani siap dipanen?
Jawab: 1 minggu= 7 hari
Maka: 84 : 7 = 12
Jadi: padi Pak Tani siap dipanen berumur 12 minggu.
Skor : 60
|
1.
Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
2.
Menyesuaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
Skor : 15
|
1.
Mematuhi
aturan dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan
waktu
2.
Mengubah
ukuran satuan waktu dengan teliti
Skor : 15
|
Skor
100
(bobot 7)
|
NA
(Nilai akhir) =
|
(Skor
jawaban 1 x 3) + (skor jawaban 2 x 7)
|
10
|
Lampiran 5
Lembar Pengamatan Afektif Membangun
Karakter
Petunjuk
Amatilah
ketika siswa melaksanakan tugas/diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan
dengan berpanduan pada cara pemberian skor.
NO.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
Nilai Akhir
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
Keterangan
1. Aspek
yang diamati
A : melaksanakan tugas dengan baik dan penuh
rasa tanggung jawab.
B : bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
C : mengembangkan gagasan/ide ketika bekerja
dalam kelompok
D : menjadi ketua/anggota yang mampu memberi
motivasi kepada kelompoknya.
2. Skor
Berilah
nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0
(minimal)
a. Nilai
4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering
b. Nilai
3 jika muncul tetapi tidak sering minimal (minimal 3 kali)
c. Nilai
2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d. Nilai
1 jika muncul minimal 1 kali.
e. Nilai
0 jika indikator tidak pernah muncul
NA (Nilai Akhir) =
Lampiran 6
Lembar Pengamatan Psikomotorik
Petunjuk
Amatilah
ketika siswa melaksanakan tugas/diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan
dengan berpanduan pada cara pemberian skor.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
diamati
|
Skor
|
Nilai Akhir
|
||
A
|
B
|
C
|
||||
Keterangan
1. Aspek
yang diamati
A : melaksanakan tugas dengan baik dan penuh
rasa tanggung jawab.
B : bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
C : mengembangkan gagasan/ide ketika bekerja
dalam kelompok
2. Skor
Berilah
nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0
(minimal)
a. Nilai
3 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering
b. Nilai
2 jika muncul tetapi tidak sering minimal (minimal 3 kali)
c. Nilai
1 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d. Nilai
0 jika indikator tidak pernah muncul
NA (Nilai Akhir) =
Lampiran 7
MATERI PELAJARAN
A.
Bagian-bagian Jam
Pada sebuah jam, terdapat bagian-bagian sebagai
berikut.
1.
Angka
1-12.
Angka 1-12 berfungsi sebagai penunjuk angka pada jam.
2.
Jarum
pendek.
Jarum pendek berfungsi sebagai penunjuk jam.
3.
Jarum
panjang.
Jarum panjang berfungsi sebagai penunjuk menit.
4.
Jarum panjang tipis.
Jarum
panjang tipis berfungsi sebagai penunjuk detik.
B.
Melakukan Operasi Hitung Satuan Waktu
1. Mengubah Jam ke Menit dan Detik, dan Sebaliknya
Ø
1
jam = 60 menit
Ø
1
menit = 60 detik
Ø
1
jam = 3.600 detik
Contoh :
1). 1 ½ jam = . . . menit.
Jawab:
1 ½ jam = 1 ½ x 60 menit =
90 menit.
2). 210 menit = . . . jam.
Jawab:
210 menit = 210/60 x 1 jam
= 3 ½ jam.
3). 3.745 detik = . . . jam
+ . . . menit + . . . detik.
Jawab:
3.600 / 3745 1 (jam)
60 /145 2 (menit)
120
-
25 (25 detik)
Jadi, 3.745 detik = 1 jam + 2
menit + 25 detik.
2.
Mengubah Tahun ke Bulan, Minggu dan Hari, dan Sebaliknya
Ø 1
hari = 24 jam
Ø 1
minggu = 7 hari
Ø 1
bulan = 4 minggu
Ø 1
bulan = 30 hari
Ø 1
tahun = 12 bulan
Ø 1
tahun = 52 minggu
Ø 1
tahun = 365 hari
Sebenarnya 1 bulan tidak
selalu sama dengan 30 hari dan 1 tahun tidak selalu sama dengan 365 hari.
Sekarang mari kita lihat kalender.
a. Apa saja nama bulan yang
lamanya 30 hari dan 31 hari?
Nama bulan yang lamanya 30 hari yaitu : April, Juni,
September, November,
Nama bulan yang lamanya 31
hari yaitu : Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan Desember.
b. Berapa banyaknya hari
pada bulan Februari?
28 atau 29 hari
c. Berapa tahun sekali
banyaknya hari dalam 1 tahun yang lamanya 366 hari?
Setiap 4 tahun sekali dalam 1 tahun ada 366 hari
disebut tahun kabisat
C.
Menggunakan Satuan Waktu Dalam Pemecahan Masalah
Sehari-Hari
Nah, mari kita menyelesaikan masalah-masalah yang
berkaitan dengan waktu. Di bawah ini diberikan contoh permasalahan dan
penyelesaiannya.
Contoh :
1. Sebuah bus berangkat dari Bengkulu pukul 06.30. Bus tersebut menuju Muko-Muko
dengan lama perjalanan 3 jam 45 menit. Pukul berapa bus sampai di Muko-Muko?
Penyelesaian:
Bus berangkat pukul 06.30
Lama perjalanan 3.45
––––– +
Bus sampai tujuan
09.75
Karena 1 jam hanya 60 menit, maka 09.75 dituliskan
10.15
Jadi, bus dari Jakarta tersebut sampai di Bandung
pukul 10.15
2. Bu Marni tinggal di Bengkulu selama 2 tahun lebih 3
bulan. Berapa bulankah Bu Marni tinggal di Bengkulu?
Penyelesaian:
2 tahun + 3 bulan
= (2 x 12 ) bulan + 3 bulan
= 24 bulan + 3 bulan = 27 bulan
Jadi, Bu Marni tinggal di Bengkulu selama 27 bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar