Kamis, 31 Maret 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Matematika Materi Satuan Waktu Kelas/Semester: III/I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                        : Matematika
Materi                                      : Satuan Waktu
Kelas/Semester                        : III/I
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi                 : 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang,
                                                       dan berat dalam pemecahan masalah.


I.            KOMPETENSI DASAR
      2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.
II.            INDIKATOR
a.      Kognitif
1.        Menyebutkan pengertian satuan waktu.
2.        Menjelaskan hubungan antar satuan waktu
3.        Menjelaskan satuan waktu detik
4.        Menjelaskan satuan waktu menit
5.        Menjelaskan satuan waktu jam
6.        Menjelaskan satuan waktu hari
7.        Menjelaskan satuan waktu minggu
8.        Menjelaskan satuan waktu bulan
9.        Menjelaskan satuan waktu tahun
10.    Mengubah ukuran satuan waktu
11.    Menentukan hubungan antar satuan waktu.
12.  Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi  hitung berkaitan dengan satuan waktu.
13.    Memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu.

b.      Afektif  membangun karakter
1.    Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti. (Mengelola/Menubah Perilaku)
2.    Mematuhi aturan dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan satuan waktu. (Menerima)
3.    Mengembangkan sikap senang belajar matematika. (Akhlak mulia/Menghayati)
4.    Mematuhi petunjuk saat berdiskusi menyelesaikan LDS. (Menerima)
5.    Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain. (Menanggapi)

c.       Psikomotor
1.    Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu (Pengalamiahan)
2.    Menggunakan hubungan antar satuan waktu yang sesuai (Artikulasi)
3.    Menyesuaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu (Menirukan)

III.            MATERI PELAJARAN
Satuan Waktu (Terlampir)

IV.            PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan          : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Demonstrasi, Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi

V.            SKENARIO PEMBELAJARAN
1.                         Pendahuluan
a.       Mengajak semua siswa berdoa. (Untuk mengawali pembelajaran)
b.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
c.       Melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu bangun tidur.
d.      Tanya jawab tentang lagu yang sudah dinyanyikan, kemudian : Guru menggali pengetahuan awal siswa dengan bertanya tentang waktu yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
e.       Menginformasikan materi yang akan di belajarkan yaitu “Mengenal hubungan antar satuan waktu.”
f.       Guru menginformasikan tujuan  pembelajaran.
2.                        Kegiatan Inti
a.   Guru menampilkan power point berupa gambar jam. Tanya jawab mengenai bagian-bagian pada jam.
b.      Guru menampilkan media berupa jam.
c.      Tanya jawab tentang jam yang telah diamati.
d.    Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk memutar jarum pada jam dan menemukan bahwa jika jarum merah (detik) diputar 1 putaran penuh maka jarum panjang (menit)  akan bergeser 1, artinya 1 menit = 60 detik dan seterusnya.
e.       Tanya jawab mengenai pembahasan satuan waktu pada jam.
f.       Guru menampilkan power point berupa gambar kalender yang berbentuk pohon.
g.    Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk menghitung jumlah daun pada pohon. Guru memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan penguatan terhadap jawaban siswa yang betul.
h.      Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
i.       Guru memberikan LDS dan menjelaskan petunjuk pengisian LDS pada setiap kelompok.
j.     Setiap kelompok melakukan perhitungan waktu sesuai dengan LDS yang telah diberikan.
k.   Guru memanggil wakil dari setiap kelompok untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya.
l.        Guru memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi.
m.    Guru memberikan penguatan kepada masing-masing kelompok yang presentasi.
n.      Guru memantapkan materi pelajaran melalui media poster.
o.      Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang belum memahami materi.
p.  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok/individu yang aktif dalam pembelajaran.
3.      Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
b.      Guru melakukan refleksi
c.       Guru memberikan  evaluasi
d.      Guru memberikan pesan moral kepada siswa
e.       Guru memberikan tindak lanjut berupa PR kepada siswa.
f.       Mengajak semua siswa berdoa. (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

VI.            SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Sumber          :
a.       Depdikanas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
b.      Masitoch, Nurul. dkk. 2009. Buku Sekolah Eloktronik Gemar Belajar Matematika SD/MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Suharyanto. Jacob. 2009. Buku Sekolah Eloktronik pelajaran Matematika SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Media              :
a.       Power Point
b.      Jam
c.       Media Poster

VII.            PENILAIAN
a.       Prosedur         : Proses dan Hasil
b.      Teknik            : Observasi dan Tes
c.       Bentuk           : Tertulis.

VIII.            LAMPIRAN
1.      Lembar Diskusi Kelompok (LDS)
2.      Kunci Jawaban LDS
3.      Soal Evaluasi
4.      Kunci Jawaban Evaluasi
5.      Lembar Pengamatan Afektif Membangun Karakter
6.      Lembar Pengamatan Psikomotorik
7.      Materi Pelajaran
Bengkulu,  Maret  2016

Praktikan,





Dewi Purnamasari
NPM : A2M151003



Lampiran 1
Lembar Diskusi Siswa (LDS)
Kelompok                    :
Anggota                       : 1...............................................
                                        2...............................................
                                        3...............................................
                                        4................................................
                                        5...............................................
Kompetensi Dasar      : 2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu.
Tujuan                         : - Siswa dapat mengubah ukuran satuan waktu
-  Siswa dapat memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu
Petunjuk                      :
a.         Kerjakan LDS dengan kelompokmu
b.        Jawablah soal cerita dengan sistematis
c.         Baca dan pahami isi LDS
d.        Kerjakan dengan mengikuti petunjuk
Permasalahan              :        
1.      180 menit     = . . . . menit
          3.600 detik   = . . . . menit   +
                     =  . . . .menit
2.      3 minggu = . . . . hari
          4 bulan    = . . . . hari   +
                = . . . . hari
3.      Waktu istirahat sekolah dimulai pukul 9 sampai pukul 9 lebih seperempat. Berapa detik lamanya waktu istirahat?
................................................................................................................................................
4.      Kak Asep berlibur ke rumah Nenek Dyan selama 2 minggu. Kemudian ia melanjutkan ke rumah Paman Widy selama 3 hari. Berapa hari Kak Asep berlibur?
................................................................................................................................................
5.      Seorang peternak membeli anak ayam berumur 3 hari. Pada hari ke 87 anak ayam itu mulai bertelur. Anak ayam itu mulai bertelur umur berapa bulan?
................................................................................................................................................


Lampiran 2
Kunci Jawaban LDS
1.      180 menit + 3.600 detik = 180 menit + 60 menit  = 240 menit
2.      3 minggu + 4 bulan = 21 hari + 120 hari = 141 hari
3.      Diketahui  : Waktu istirahat sekolah dimulai pukul 9 sampai pukul 9 lebih seperempat.
Ditanya     : Berapa detik lamanya waktu istirahat?
Jawab        : 09.15 – 09.00 = 15 menit = 15 x 60 = 900 detik.
Jadi, lamanya waktu istirahat 900 detik.
4.      Diketahui  : Kak Asep berlibur ke rumah Nenek Dyan selama 2 minggu. Kemudian ia
melanjutkan ke rumah Paman Widy selama 3 hari.
Ditanya     :Berapa hari Kak Asep berlibur?
Jawab:
2 minggu + 3 hari
= 14 hari + 3 hari
= 17 hari
Jadi, Kak Asep berlibur selama 17 hari.
5.      Diketahui  : Seorang peternak membeli anak ayam berumur 3 hari. Pada hari ke 87 anak ayam itu mulai bertelur.
Ditanya     : Anak ayam itu mulai bertelur umur berapa bulan?
Jawab        : 1 bulan = 30 hari
Maka: 87 : 30 = 2,9 bulan
Jadi,  Anak ayam itu mulai bertelur umur 2,9 bulan atau 3 bulan.





Lampiran 3
Soal Evaluasi
1.      2 jam + 120 detik = . . . . menit
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

2.      Pak tani menanam padi dan padi itu siap dipanen jika sudah berumur 84 hari. Pada umur berapa minggu padi Pak tani siap dipanen?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................




Lampiran 4                                                                           Kunci Jawaban Soal Evaluasi
NO
Kognitif Proses
Kognitif Produk
Psikomotor
Afektif Karakter
Skor
1
Menentukan hubungan antar satuan waktu
1 jam = 60 menit
1 menit = 60 detik
Skor : 15
2 jam           = 2 × 60     = 120 menit
120  detik    = 120 : 60  =     2 menit
                                                                +
2 jam   +  120 detik       = 122  menit

Jadi, 2 jam +  120 detik  = 122  menit
Skor : 60
Kemampuan menggunakan hubungan antar satuan waktu yang sesuai
Skor : 10
Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti


Skor : 15
100
(bobot 3)
2
Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi  hitung berkaitan dengan satuan waktu
1 minggu = 7 hari
Skor : 10
Diketahui: Pak tani menanam padi dan siap dipanen jika sudah berumur 84 hari.
Ditanya: Pada umur berapa minggu padi Pak tani siap dipanen?
Jawab: 1 minggu= 7 hari
Maka: 84 : 7 = 12
Jadi: padi Pak Tani siap dipanen berumur 12 minggu.
Skor : 60
1.      Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
2.      Menyesuaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
Skor : 15
1.      Mematuhi aturan dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan waktu
2.      Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti
Skor : 15
Skor
100
(bobot 7)

NA (Nilai akhir) =
(Skor jawaban 1 x 3) + (skor jawaban 2 x 7)
10



Lampiran 5
Lembar Pengamatan Afektif Membangun Karakter
Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpanduan pada cara pemberian skor.

NO.

Nama Siswa
Aspek yang diamati

Skor

Nilai Akhir
A
B
C
D
































































































































Keterangan
1.    Aspek yang diamati
A    : melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.
B     : bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
C     : mengembangkan gagasan/ide ketika bekerja dalam kelompok
D    : menjadi ketua/anggota yang mampu memberi motivasi kepada kelompoknya.
2.    Skor
Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering
b.      Nilai 3 jika muncul tetapi tidak sering minimal (minimal 3 kali)
c.       Nilai 2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 1 jika muncul minimal 1 kali.
e.       Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul
NA (Nilai Akhir) =


Lampiran 6
Lembar Pengamatan Psikomotorik
Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpanduan pada cara pemberian skor.

No.

Nama Siswa
Aspek yang diamati

Skor

Nilai Akhir
A
B
C































































































































Keterangan
1.    Aspek yang diamati
A    : melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.
B     : bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
C     : mengembangkan gagasan/ide ketika bekerja dalam kelompok
2.    Skor
Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 3 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering
b.      Nilai 2 jika muncul tetapi tidak sering minimal (minimal 3 kali)
c.       Nilai 1 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul
NA (Nilai Akhir) =

Lampiran 7
MATERI PELAJARAN

A.    Bagian-bagian Jam
Pada sebuah jam, terdapat bagian-bagian sebagai berikut.
1.      Angka 1-12.
Angka 1-12 berfungsi sebagai penunjuk angka pada jam.
2.      Jarum pendek.
Jarum pendek berfungsi sebagai penunjuk jam.
3.      Jarum panjang.
Jarum panjang berfungsi sebagai penunjuk menit.
4.      Jarum panjang tipis.
Jarum panjang tipis berfungsi sebagai penunjuk detik.

B.     Melakukan Operasi Hitung Satuan Waktu
1. Mengubah Jam ke Menit dan Detik, dan Sebaliknya
Ø  1 jam = 60 menit
Ø  1 menit = 60 detik
Ø  1 jam = 3.600 detik
Contoh :
1). 1 ½ jam = . . . menit.
Jawab:
1 ½ jam = 1 ½ x 60 menit = 90 menit.

2). 210 menit = . . . jam.
Jawab:
210 menit = 210/60 x 1 jam = 3 ½ jam.

3). 3.745 detik = . . . jam + . . . menit + . . . detik.
Jawab:
3.600 / 3745 1 (jam)
            3600   -
60      /145 2 (menit)
           120        -
             25 (25 detik)
Jadi, 3.745 detik = 1 jam + 2 menit + 25 detik.

2. Mengubah Tahun ke Bulan, Minggu dan Hari, dan Sebaliknya

Ø  1 hari = 24 jam
Ø  1 minggu = 7 hari
Ø  1 bulan = 4 minggu
Ø  1 bulan = 30 hari
Ø  1 tahun = 12 bulan
Ø  1 tahun = 52 minggu
Ø  1 tahun = 365 hari
          Sebenarnya 1 bulan tidak selalu sama dengan 30 hari dan 1 tahun tidak selalu sama dengan 365 hari. Sekarang mari kita lihat kalender.
a. Apa saja nama bulan yang lamanya 30 hari dan 31 hari?
     Nama bulan yang lamanya 30 hari yaitu : April, Juni, September, November,
Nama bulan yang lamanya 31 hari yaitu : Januari, Maret, Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan Desember.
b. Berapa banyaknya hari pada bulan Februari?
28 atau 29 hari
c. Berapa tahun sekali banyaknya hari dalam 1 tahun yang lamanya 366 hari?
Setiap 4 tahun sekali dalam 1 tahun ada 366 hari disebut tahun kabisat

C.    Menggunakan Satuan Waktu Dalam Pemecahan Masalah Sehari-Hari
Nah, mari kita menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan waktu. Di bawah ini diberikan contoh permasalahan dan penyelesaiannya.
Contoh :
1. Sebuah bus berangkat dari Bengkulu  pukul 06.30. Bus tersebut menuju Muko-Muko dengan lama perjalanan 3 jam 45 menit. Pukul berapa bus sampai di Muko-Muko?
Penyelesaian:
Bus berangkat pukul 06.30
Lama perjalanan          3.45
                                  ––––– +
Bus sampai tujuan       09.75
Karena 1 jam hanya 60 menit, maka 09.75 dituliskan 10.15
Jadi, bus dari Jakarta tersebut sampai di Bandung pukul 10.15

2. Bu Marni tinggal di Bengkulu selama 2 tahun lebih 3 bulan. Berapa bulankah Bu Marni tinggal di Bengkulu?
Penyelesaian:
2 tahun + 3 bulan
= (2 x 12 ) bulan + 3 bulan
= 24 bulan + 3 bulan = 27 bulan
Jadi, Bu Marni tinggal di Bengkulu selama 27 bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.ppt{text-align:center;background:linear-gradient(to bottom,#fefefe 0%,#d1d1d1 100%);border:1px solid #A8A8A8;border-radius:5px;margin:20px auto;width:80%;box-shadow:1px 30px 30px -26px #818181} .ppt-responsive{position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;margin:8px} .ppt-responsive iframe{position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;border:0}