Kamis, 31 Maret 2016

SILABUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEMESTER I

                                        SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan        :       Sekolah Dasar
Mata Pelajaran              :       Matematika
Kelas/Semester               :       III/I
Standar Kompetensi     :       2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan
                                                masalah.
Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit (1 x Pertemuan)

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Belajar
2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.

Kognitif:
1.     Menyebutkan pengertian satuan waktu.
2.     Menjelaskan hubungan antar satuan waktu
3.     Menjelaskan satuan waktu detik
4.     Menjelaskan satuan waktu menit
5.     Menjelaskan satuan waktu jam
6.     Menjelaskan satuan waktu hari
7.     Menjelaskan satuan waktu minggu
8.     Menjelaskan satuan waktu bulan
9.     Menjelaskan satuan waktu tahun
10. Mengubah ukuran satuan waktu
11. Menentukan hubungan antar satuan waktu.
12. Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi  hitung berkaitan dengan satuan waktu.
13. Memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu.
Afektif  karakter
1.      Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti
2.      Mematuhi aturan dalam menyelesaikan masalah dalam soal cerita yang berkaitan dengan satuan waktu
3.      Mengembangkan sikap senang belajar matematika
4.      Mematuhi petunjuk saat berdiskusi menyelesaikan LDS
5.      Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain
Psikomotor
1.      Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
2.      Menggunakan hubungan antar satuan waktu yang sesuai
3.      Menyesuaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
Satuan waktu
1.    Pendahuluan
a.    Mengajak semua siswa berdoa.
b.    Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
c.    Melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu bangun tidur.Guru menginformasikan tujuan  pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti
a.    Guru menampilkan power point berupa gambar jam. Tanya jawab mengenai bagian-bagian pada jam.
b.    Guru menampilkan media berupa jam.
c.    Tanya jawab tentang jam yang telah diamati.
d.   Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk memutar jarum pada jam dan menemukan bahwa jika jarum merah (detik) diputar 1 putaran penuh maka jarum panjang (menit)  akan bergeser 1, artinya 1 menit = 60 detik dan seterusnya.
e.    Tanya jawab mengenai pembahasan satuan waktu pada jam.
f.     Guru menampilkan power point berupa gambar kalender yang berbentuk pohon.
g.    Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas untuk menghitung jumlah daun pada pohon.
h.    Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
i.      Guru memberikan LDS dan menjelaskan petunjuk pengisian LDS pada setiap kelompok.
j.      Setiap kelompok melakukan perhitungan waktu sesuai dengan LDS yang telah diberikan.
k.    Guru memanggil wakil dari setiap kelompok untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya.
l.      Guru memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi.
m.  Guru memberikan penguatan kepada masing-masing kelompok yang presentasi.
n.    Guru memantapkan materi pelajaran melalui media poster.
o.    Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa yang belum memahami materi.
p.    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok/individu yang aktif dalam pembelajaran.
3.    Penutup
a.    Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
b.    Guru melakukan refleksi, evaluasi, pesan moral kepada siswa, tindak lanjut berupa PR kepada siswa.
c.    Mengajak semua siswa berdoa.(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
2x 35 menit
a.       Prosedur: Proses dan Hasil
b.      Teknik: Observasi dan Tes
c.       Bentuk : Tertulis.

a.    Depdikanas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
b.    Masitoch, Nurul. dkk. 2009. Buku Sekolah Eloktronik Gemar Belajar Matematika SD/MI kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.    Suharyanto. Jacob. 2009. Buku Sekolah Eloktronik pelajaran Matematika SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.



Bengkulu,   Maret 2016
Praktikan

Dewi Purnamasari
                    NPM. A2M151003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.ppt{text-align:center;background:linear-gradient(to bottom,#fefefe 0%,#d1d1d1 100%);border:1px solid #A8A8A8;border-radius:5px;margin:20px auto;width:80%;box-shadow:1px 30px 30px -26px #818181} .ppt-responsive{position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;margin:8px} .ppt-responsive iframe{position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;border:0}