SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/I
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
pemecahan
masalah.
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
||||
2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan
panjang, dan antarsatuan berat.
|
Kognitif:
1.
Menyebutkan pengertian satuan
waktu.
2.
Menjelaskan
hubungan antar satuan waktu
3.
Menjelaskan satuan
waktu detik
4.
Menjelaskan satuan
waktu menit
5.
Menjelaskan satuan
waktu jam
6.
Menjelaskan satuan
waktu hari
7.
Menjelaskan satuan
waktu minggu
8.
Menjelaskan satuan
waktu bulan
9.
Menjelaskan satuan
waktu tahun
10.
Mengubah ukuran satuan waktu
11.
Menentukan hubungan antar satuan waktu.
12.
Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari-hari
melalui operasi hitung berkaitan
dengan satuan waktu.
13.
Memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita sederhana dalam
kehidupan sehari-hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu.
Afektif karakter
1.
Mengubah ukuran satuan waktu dengan teliti
2.
Mematuhi aturan dalam menyelesaikan masalah dalam
soal cerita yang berkaitan dengan satuan waktu
3.
Mengembangkan sikap senang belajar matematika
4.
Mematuhi petunjuk saat berdiskusi menyelesaikan
LDS
5.
Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang
lain
Psikomotor
1.
Mengoperasikan soal cerita sederhana dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
2.
Menggunakan hubungan antar satuan waktu yang
sesuai
3.
Menyesuaikan langkah-langkah dalam menyelesaikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan satuan waktu
|
Satuan
waktu
|
1.
Pendahuluan
a.
Mengajak semua siswa berdoa.
b.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
c.
Melakukan apersepsi dengan menyanyikan lagu bangun
tidur.Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a.
Guru
menampilkan power
point berupa gambar jam. Tanya jawab mengenai bagian-bagian pada jam.
b.
Guru menampilkan media berupa jam.
c.
Tanya jawab
tentang jam yang telah diamati.
d.
Guru menunjuk
siswa untuk maju ke depan kelas untuk memutar jarum pada jam dan menemukan
bahwa jika jarum merah (detik) diputar 1 putaran penuh maka jarum panjang
(menit) akan bergeser 1, artinya 1 menit
= 60 detik dan seterusnya.
e.
Tanya jawab
mengenai pembahasan
satuan waktu pada jam.
f.
Guru
menampilkan power
point berupa gambar kalender yang berbentuk pohon.
g.
Guru menunjuk
siswa untuk maju ke depan kelas untuk menghitung jumlah daun pada pohon.
h.
Guru membagi
siswa menjadi 6 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
i.
Guru memberikan
LDS dan menjelaskan petunjuk pengisian LDS pada setiap kelompok.
j.
Setiap kelompok
melakukan perhitungan waktu sesuai dengan LDS yang telah diberikan.
k.
Guru memanggil
wakil dari setiap kelompok untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya.
l.
Guru memberikan
kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi.
m. Guru memberikan penguatan kepada masing-masing
kelompok yang presentasi.
n.
Guru memantapkan
materi pelajaran
melalui media poster.
o.
Guru memberikan
kesempatan bertanya pada siswa yang belum memahami materi.
p.
Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok/individu yang aktif dalam pembelajaran.
3. Penutup
a.
Dengan
bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Guru melakukan
refleksi,
evaluasi, pesan moral kepada siswa, tindak lanjut berupa PR kepada siswa.
c.
Mengajak semua
siswa berdoa.(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
2x
35 menit
|
a.
Prosedur: Proses dan Hasil
b.
Teknik:
Observasi
dan Tes
c.
Bentuk
:
Tertulis.
|
a.
Depdikanas.2006. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
b.
Masitoch,
Nurul. dkk. 2009. Buku
Sekolah Eloktronik Gemar Belajar Matematika SD/MI kelas III. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Suharyanto. Jacob. 2009. Buku
Sekolah Eloktronik pelajaran Matematika SD/MI kelas IV. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
|
||||
Bengkulu, Maret 2016
Praktikan
Dewi Purnamasari
NPM. A2M151003
|
||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar